Minggu, 23 Oktober 2011

klasifikasi jaringan komputer

[i]Ada dua model/tipe dasar jaringan komputer yaitu: jaringan peer-to-peer atau jaringan client/server. Jaringan peer-to-peer adalah jaringan dimana komputer-komputer saling mendukung, sehingga setiap komputer dapat meminta pemakaian bersama sumberdaya dari komputer lainnya, demikian pula harus siap melayani permintaan dari komputer lainnya. Model jaringan ini biasanya hanya bisa diterapkan pada jumlah komputer yang tidak terlalu banyak, maksimum 25, karena komunikasi akan menjadi rumit dan macet bilamana komputer terlalu banyak.

Gambar peer to peer

 Model yang lain, jaringan client/server, pada model ini ada satu komputer yang disiapkan menjadi pelayan (server) dari komputer lainnya (client). Semua permintaan layanan sumberdaya dari komputer client harus dilewatkan ke komputer server, komputer server ini yang akan mengatur pelayanannya. Apabila komunikasi permintaan layanan sangat sibuk bahkan bisa disiapkan lebih dari satu komputer menjadi server, sehingga ada pembagian tugas, milsanya file-server, print-server, database server dan sebagainya. Tentu saja konfigurasi komputer server biasanya lebih dari konfigurasi komputer client baik dari segi kapasitas memori, kapasitas hardisk, maupun kecepatan prosessornya.
Gambar jaringan client server

Jaringan dapat pula dibedakan berdasarkan cakupan areal layanan (atau menurut geografis) menjadi :
Jaringan Lokal (LAN) adalah jaringan dengan cakupan areal terbatas pada satu lokasi, misalnya dalam satu ruangan, satu gedung, atau beberapa gedung yang sangat berdekatan. LAN pada umumnya menggunakan media transmisi berupa kabel, seperti kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) pada jarak maksimum 100 meter, kabel Coaxial hingga 500 meter, bahkan Serat Optik (Fiber Optic) dalam jarak lingkar 3 kilometer, tetapi banyak LAN yang tidak pakai kabel (Wireless LAN atau WaveLAN) tetapi menggunakan frekuensi radio sebagai media transmisi.
Gambar jaringan lokal

Manfaatpenggunaan LAN adalah:
● setiap user dapatmelakukanpertukaran file (sharing file) secaramudah
● setiap user dapatberbagipakai printer (printer sharing)
● setiap user dapatmenyimpan data secaraterpusat (file server)
● setiap user dapatsalingberkomunikasimenggunakankomputer.

Jaringan Kampus (CAN) adalah perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kampus yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak lebih dari beberapa ratus meter. Kabel transmisi yang digunakan adalah Coaxial atau Serat Optik, disamping itu WaveLAN juga digunakan dalam areal sekitar 3 kilometer.
Gambar jaringan kampus

Jaringan Kota (MAN) adalah perluasan LAN dan CAN sehingga mencakup areal satu kota, misalnya jaringan antar kampus dan jaringan antar kantor cabang, sehingga dapat mencapai jarak rentang antara 10 – 45 kilometer. Media transmisi kabel adalah Serat Optik, tetapi banyak yang menggunakan fasilitas komunikasi telepon seperti jalur sewa (leased line, T1 line), atau menggunakan antena parabola melalui gelombang mikro (microwave), bahkan antena Satelit.

Jaringan Luas (WAN) adalah jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua, bentangannya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank di Indonesia, atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Media transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.
ManfaatJaringan WAN
  1. Komputer server untuk pusat data dapat dibuat terpusat di satu lokasi
  2. Komunikasiantarkantorcabangdapatdilakukanmenggunakan e-mail atau chatting yang lebihmurahbiayanyadibandingkomunikasitelepon
  3. Dokumen dapat di kirim dalam bentuk surat elektronik sehingga mengurangi biaya dan kerumitan pengiriman dokumen melalui kantor pos.


GAMBAR Jaringan Wide Area Network

Jaringan Komputer berdasarkan topologi :
Ada beberapa topologi (bentuk) yang diterapkan pada jaringan komputer, yaitu:
  1. Topologi Bus atau linier
  2. TopologiToken Ring (cincin)
  3. Topologi Star (bintang)
  4. Topologi Tree (pohon)
  5. Topologi Mesh (web)

Topologi bus banyak digunakan untuk jaringan yang ruang lingkupnya kecil.  Jaringan bertopologi bus biasanya menggunakan kabel koaksial berikut konektornya.
Kelebihan dari topologi ini adalahInfrastrukturnya sederhana dan hemat kabel.

Kekurangannya :
a. jika terjadi kerusakan pada salah satu komputer saja, seluruh semua jaringan akan mati
b. membutuhkan terminator pada kedua ujung kabel utama
c. jika terjadi kerusakan, sangat sulit menemukan titik kerusakan
d. tidak dapat digunakan untuk jaringan skala besar.

Topologi Ring
Topologi ini mirip dengan topologi bus dimana jaringan tidak tergantung pada sebuah komputer host. Pada topologi ini masing-masing komputer atau terminal dapat berkomunikasi satu sama lain secara langsungdansetiap prosesnya dapat berkerja secara tersendiri.

Topologi Star
Pada topologi ini setiap komputer terkoneksi kejaringan melewati sebuah hub atau konsentrator.Semua data akan melewati konsentrator tersebut sebelum dikirim ketujuan.
Fungsi hub atau konsentratora dalah mengatur dan mengendalikan keseluruhan fungsi jaringan.Selain itu hub juga berfungsi sebagai repeater atau penguat sinyal.

Keuntungan menggunakan topologi star adalah:
a. infrastrukturnya relatif mudah dibangun.
b. jika terjadi kerusakan pada salah satu titik jaringan, koneksi jaringan secara keseluruhan tidak terganggu.
c. kesalahan atau kerusakan yang terjadi mudah dideteksi.
Kekurangan topologi star adalah:
a. pemakaian kabel relatif lebih banyak dibandingkan dengan topologi bus.
b. jika hub rusak maka seluruh jaringan yang terhubung melewati hub tersebut akan terganggu.
c. biaya pembangunnya relatif lebih mahal dibandingkan topologi bus.

Paduan jaringan bertopologi bus dan jaringan bertopologi star. Topologi ini memungkinkan pengembangan jaringan yang telah ada.
KeuntunganTopologiTree :
a. instalasi jaringan dari titik ke titik pada masing-masing segmen.
b. didukung oleh banyak hardware dan software.

Akan tetapi, topologi tree juga memiliki kekurangan, yaitu:
a. panjang segmen dibatasi oleh tipe kabel yang digunakan
b. jika jaringan utama rusak, maka keseluruhan segmen ikut rusak
c. sulit dikonfigurasi, termasuk sistem pengkabelannya.

Akan tetapi, topologi tree juga memiliki kekurangan, yaitu:
a. panjang segmen dibatasi oleh tipe kabel yang digunakan
b. jika jaringan utama rusak, maka keseluruhan segmen ikut rusak
c. sulit dikonfigurasi, termasuk sistem pengkabelannya.

Topologi Mesh
Jaringan dengan Topologi  masih mempunyai jalur ganda dari setiap perangkat pada jaringan.Semakin banyak Jumlah komputer pada jaringan, semakin sulit cara pemasangan kabel-kabel pada jaringan tersebut karena jumlah kabel-kabel yang harus di pasang menjadi berlipat ganda.
            Oleh karena itu, pada jaringan mesh yang murni, setiap perangkat jaringan dihubungkan satu sama lain menggunakan jalur ganda untuk hub-hub utama sebagai jalur cadangan jika terjadi masalah di jalur utama.

KEUNTUNGAN dariTopologi ini adalah: Mampu menampung banyak pengguna yang aktif sedangkan

KELEMAHAN dariTopologi ini adalah: Membutuhkan banyak kabel, sehingga mudah mengalami gangguan jaringan.

Media transmisi adalah media penghantar data yang dapatberupa kabel atau gelombang elektromagnet.Secara fisik, ada tiga jenis media penghantar data, yaitu kabel, gelombang elektromagnetik (wireless) dan satelit.
            Jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer antaralain adalah:
a. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
b. Kabel STP (Shielded Twisted Pair)
c. KabelKoaksial
d. Kabel Fiber Optic.

Kabel UTP merupakan jenis kabel yang paling banyak digunakan untuk membangun jaringan komputer.Kabel ini memiliki 4 bagian dan setiap bagian memiliki 2 serat.
Spesifikasi kabel UTP antara lain memiliki jangkauan data maksimal 100 meter, dihubungkan dengan konektor RJ45, memiliki beberapa kategori, yaitu kategori 1, 2, 3, 4, dan 5.

Kabel STP memiliki ciri-ciri fisik mirip dengan kabel UTP.Hanya saja kabel ini sangat sensitif terhadap sinyal radio dan listrik.Kabel STP sering digunakan

Kabel koaksial adalah kabel yang memiliki satu konduktor tembaga di tengahnya.Lapisan plastik isolator terletak di antara konduktor dan lapisan pengaman serat besi.Lapisan serat besi tersebut membantu menutupi gangguan dari lampu listrik, kendaraan dan komputer.
Kabel ini rentan terhadap gangguan sinyal-sinyal tertentu.Ada dua tipe kabel koaksial, yaitu tipe RG-58 yang mampu menjangkau jarak 200 meter dan tipe RG-8 yang mampu menjangkau jarak 500 meter.

Gentian optik berguna yang pertama telah di reka pada tahun 1970 oleh para penyelidik Maurer, Keck, Schultz dan Zimar yang bekerja di bawah syarikat pembuat kaca Amerika Corning Glass Works.
Kabel fiber optic atau serat optik mempunyai kemampuan mentransmisikan sinyal melewati jarak yang paling jauh dengan kecepatan paling tinggi.Jangkauan kabel serat optik dapat mencapai 2000 meter.







2 komentar:

Erdi Malutama mengatakan...

zdjhwjfwj

Erdi Malutama mengatakan...

erdi

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review